Sistem Informasi Akuntansi dan Organisasi Bisnis
Sistem akuntansi -
Adalah metode dan prosedur untuk mencatat dan melaporkan informasi keuangan
yang disediakan bagi perusahaan atau suatu organisasi bisnis. Sistem akuntansi
yang diterapkan dalam perusahaan besar sangat kompleks. Kompleksitas sistem
tersebut disebabkan oleh kekhususan dari sistem yang dirancang untuk suatu
organisasi bisnis sebagai akibat dari adanya perbedaan kebutuhan akan informasi
oleh manajer, bentuk dan jalan transaksi laporan keuangan. Sistem akuntansi
terdiri atas dokumen bukti transaksi, alat-alat pencatatan, laporan dan
prosedur yang digunakan perusahaan untuk mencatat transaksi-transaksi serta
melaporkan hasilnya. Operasi suatu sistem akuntansi meliputi tiga tahapan:
Harus mengenal dokumen bukti transaksi yang digunakan oleh
perusahaan, baik mengenai jumlah fisik
mupun jumlah rupiahnya, serta data penting lainnya yang berkaitan dengan
transaksi perusahaan.
Harus mengelompokkan dan mencatat data yang tercantum dalam
dokumen bukti transaksi kedalam catatan-catatan akuntansi.
Harus meringkas informasi yang tercantum dalam
catatan-catatan akuntansi menjadi laporan-laporan untuk manajemen dan
pihak-pihak lain yang berkepentingan.
Sistem akuntansi harus dirancang untuk memenuhi spesifikasi
informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan, asalkan informasi tersebut tidak
terlalu mahal. Dengan demikian, pertimbangan utama dalam merancang sistem
akuntansi adalah keseimbangan antara manfaat dan biaya yang dikeluarkan untuk
memperoleh informasi tersebut.
Agar efektif, laporan yang disajikan oleh sistem akuntansi harus dibuat secara
tepat waktu, jelas dan konsisten. Laporan yang disajikan dengan pengetahuan dan
kebutuhan pemakai agar dapat digunakan sebagai pertimbangan didalam pengambilan
keputusan.
Desainer (perancang) sistem harus memiliki pengetahuan untuk membedakan sistem
akuntansi dan metode pemrosesan data baik pemrosesan data secara manual maupun
dengan menggunakan komputerisasi. Kemampuan untuk membedakan pemrosesan
transaksi secara manual dan komputer cukup penting, karena pada organisasi
bisnis tertentu tidak semua transaksi dapat di proses dengan komputer dan
kemampuan desainer sistem dalam mengevaluasi alternatif-alternatif yang
dipertimbangkan pengetahuan akan prinsip-prinsip dasar sistem akuntansi.
Singkatnya, prinsip dasar yang terkandung dalam sistem akuntansi yang baik
kemungkinan besar sistem yang dirancang pada perusahaan tertentu akan mengalami
kesulitan ketika diterapkan
Sistem Organisasi -
Dimana sistem ini menyiratkan penggunaan teknologi computer dalam suatu
organisasi untuk menyediakan informasi bagi pengguna.Dimana ada beberapa tipe
sistem informasi yang memanfaatkan computer yaitu :
- Pemprosesan data,
pemprosesan data elektronik merupakan penggunaan teknologi computer untuk menjalankan
pemrosesan data transaksi suatu organisasi
- SIM,menggambarkan
penggunaan computer untuk menyediakan informasi yang dapat mendukung
pengambilan keputusan manejer.Subsistem SIM Fungsional banyak organisasi yang
menerapkan konsep SIM dalam area fungsional dalam organisasi..Sistem informasi
pemanufakturan merupakan SIM yang menyediakan informasi untuk digunakan oleh
fungsi produksi.Sistem informasi daya menusia adalah SIM yang menyediakan
informasi yang berguna untuk fungsi personalia atau sumber daya manusia.
- Sistem Pendukung
Keputusan,dimana dalam sistem keputusan (DSS) data diproses kedalam format
pengambilan keputusan untuk memudahkanpengguna.DSS dirancang untuk
melayani kebutuhan informasi yang tidak rutin,spesifik,dan khusus sedangkan
sistem DP dirancang untuk melayaniu kebutuhan informasi secara umum.
Proses Bisnis
Proses bisnis adalah serangkaian tugas yang paling
berhubungan yang melibatkan data,unit organisasi,dan suatu urutan waktu yang
logis.Proses bisnis ini dipacu oleh kejadian ekonomi.Ada pun senbilan
kelompok proses bisnis dasar yaitu:
- Logistik penjualan inboud(persediaan,pengendalian,retur ke
pemasok)
- Logistik penjualan outband(proses order penjualan,pengiriman
pesanan)
- Operasi(mesin,perakitan dll)
- Pemasaran(periklanan)
- Jasa (instalasi,reparasi)
- Prokuremen (pembelian,pemesanan)
- Pengembangan teknologi (sumber daya dan pengembangan)
- Organisasi dan menjemen sumber daya
manusia(rekrutmen,peltihan)
- Infrastruktur perusahaan (akuntansi.perencanaan)
Proses bisnis primer melibatkan aktivitas yang secara
langsung menambah nilai bagi produk perusahaan.Proses bisnis pendukung
melibatkan aktivitas yang tidak secara langsung menambah nilai produk.Rantai
nilai adalah suatu cara pandang aktivitas perusahaan sedemikian rupa sehingga
memudahkan menilai keunggulan kompotitif perusahaan.
Analisis – Semuanya yang berhubungan dengan transaksi keuangan, dan yang lainya yang
berhubungan dengan taransaksi , seperti menyimpan berkas-berkas transaksi termasuk sistem akuntansi , ada beberapa
tahapan dalam sistem akuntanis diantaranya mengenal jumlah fisik atau banyak
uang yang di kirim untuk keperluan –keperluan berkas.
Dalam sistem organisasi banyak sistem informasi yang menggunakan computer
diantaranya untuk pemprosesan data, seperti
menjalankan proses transaksi suatu organisasi .
Proses dalam melakukan bisnis diantaranya pemasaran atau
periklanan , dengan menggunakan media iklan untuk melakukan bisnis kemungkinan
akan mempermudah dalam melakukan bisnis.