A.Pengertian E-commerce
E-commerce adalah
dimana dalam satu website menyediakan atau dapat melakukan Transaksi secara
online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara
online atau direct
selling yang memanfaatkan
fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get
and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga
sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading
(perdagangan) .
B.Contoh E-Commerce.
Banyak sekali yang
dapat kita lakukan melalui E-Commerce yaitu :
1. Pembelian buku melalui online.
2. Pembelian elektronik melalui online.
3. Pembelian kendaraan melalui online.
4. Pembelian pakaian melalui online, dll.
Tokobagus.com adalah
salah satu contoh toko penjualan barang
secara online. Kita dapat menemukan berbagai barang yang kita butuhkan sesuai
dengan apa yang kita inginkan. Selain itu toko online juga memanjakan mata kita
dengan berbagai pilihan yang bermacam-macam dengan harga yang bermacam-macam
pula.
C.Manfaat
Menggunakan E-Commerce
Manfaat dalam menggunakan
E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi adalah:
·
Dapat meningkatkan market exposure (pangsa
pasar).
Transaksi on-line yang
membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang
dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
·
Menurunkan biaya operasional (operating
cost).
Transaksi E-Commerce adalah
transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer
sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan
lain-lain tidak perlu terjadi
·
Melebarkan jangkauan (global reach).
Transaksi on-line yang
dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena
semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara
komputer.
·
Meningkatkan customer loyalty.
Ini disebabkan karena
sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi
tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat
dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia
inginkan.
·
Meningkatkan supply management.
Transaksi E-Commerce
menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada
jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih
menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang
baik harus ditingkatkan.
·
Memperpendek waktu produksi.
Pada suatu perusahaan yang
terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan
bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat
memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur
karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.
D.Kendala
menggunakan E-Commerce
kendala merupakan
kemungkinan-kemungkinan munculnya kejadian yang dapat membahayakan asset-aset
yang berharga.
Ada beberapa bentuk kendala
yang mungkin terjadi:
·
System Penetration
Orang-orang yang tidak
berhak melakukan akses ke system computer dapat dan diperbolehkan melakukan
segala sesuatu sesuai dengan keinginannya.
·
Authorization Violation
Pelanggaran atau
penyalahgunaan wewenang legal yang dimiliki seseorang yang berhak mengakses
sebuah sistim.
·
Planting
Memasukan sesuatu ke dalam
sebuah system yang dianggap legal tetapi belum tentu legal di masa yang akan
datang.
·
Communications Monitoring
Seseorang dapat mernantau
semua infonnasi rahasia dengan melakukan monitoring komunikasi sederhana di
sebuah tempat pada jaringan komunikasi.
·
Communications Tampering
Segala hal yang
membahayakan kerahasiaan informasi seseorang tanpa melakukan penetrasi, seperti
mengubah infonnasi transaksi di tengah jalan atau membuat sistim server palsu
yang dapat menipu banyak orang untuk memberikan infonnasi rahasia mereka secara
sukarela.
·
Denial of service
Menghalangi seseorang dalam
mengakses informasi, sumber, dan fasilitas-fasilitas lainnya.
·
Repudiation
Penolakan terhadap sebuah
aktivitas transaksi atau sebuah komunikasi baik secara sengaja maupun tidak
disengaja.