Organisasi Lini dan Staff
Organisasi
ini merupakan gabungan kedua jenis organisasi yang terdahulu disebutkan
(line dan staf). Dalam organisasi ini staf bukan sekedar pelaksana
tugas tetapi juga diberikan wewenang untuk memberikan masukan demi
tercapainya tujuan secara baik. Demikian juga pimpinan tidak sekedar
memberikan perintah atau nasehat tetapi juga bertanggung jawab atas
perintah atau nasehat tersebut.
Keuntungan organisasi ini antara
lain ialah keputusan yang diambil oleh pimpinan lebih baik karena telah
dipikirkan oleh sejumlah orang dan tanggung jawab pimpinan berkurang
karena mendapat dukungan dan bantuan dari staf.
Dalam kehidupan
sehari-hari apabila unit kerja (departemen, perusahaan dan sebagainya)
akan melaksanakan suatu rencana tidak selalu langsung diikuti oleh
penyusunan organisasi baru. Struktur organisasi itu biasanya sudah ada
terlebih dahulu dan ini relatif cenderung permanen, lebih-lebih struktur
organisasi departemen.
Disamping itu unit-unit kerja tersebut
dijabarkan kedalam unit-unit yang lebih kecil dan masing-masing
unit-unit kerja yang lebih kecil ini mempunyai tugas dan wewenang yang
berbeda-beda (dirjen, direktorat, bidang, seksi, devisi, dan
sebagainya). Masing-masing unit kerja tersebut sudah barang tentu akan
menyusun perencanaan dan kegiatan-kegiatan. Untuk pelaksanaan rencana
rutin cukup oleh staf yang ada sehingga tidak perlu menyusun organisasi
baru. Apabila rencana atau kegiatan tersebut tidak dapat ditangani oleh
struktur organisasi yang telah ada biasanya dibentuk, misalnya panitia
tim kerja (kelompok kerja), komisi dan sebagainya.