TUJUAN PERUSAHAAN
Tujuan perusahaan adalah hasil akhir aktivitas perencanaan yang telah
dietapkan perusahaan. Tujuan perusahaan merumuskan apa yang akan diselesaikan
dan kapan akan diselesaikan, dan sebaiknya diukur jika memungkinkan. Jadi
tujuan perusahaan adalah hasil akhir yang ingin dicapai perusahaan.Pencapaian
tujuan perusahaan merupakan hasil dari penyelesaian misi perusahaan.
Beberapa bidang dimana perusahaan perlu membuat tujuan dan sasaran adalah :
- Profitabilitas (laba bersih yang ingin diapai)
- Efisiensi (biaya rendah)
- Pertumbuhan (kenaikan aset, total penjualan dsb)
- Kekayaan pemegang saham (dividen dan apresiasi harga saham)
- Penggunaan sumber daya (ROE atau ROI)
- Reputasi ( diperhitungkan sebagai perusahaan yang “terkenal”)
- Kontribusi untuk karyawan ( keamanan kerja, upah)
- Kontribusi untuk lingkungan (pajak, amal, CSR, produk bermanfaat)
- Kepemimpinan pasar (pangsa pasar)
- Kepemimpinan teknologi (inovasi, kreatifitas)
- Kelangsungan hidup (menghindari kebangkrutan); dan atau
- Kebutuhan pribadi manajemen puncak ( menggunakan peruahaan untuk
tujuan pribadi, seperti menyediakan pekerjaan untuk keluarga)
(Ref : Hunger & Wheelen, Strategic Management, Addison-Wesley, 2013.)
Tujuan perusahaan menyediakan dasar untuk perencanaan, pengorganisasian,
permotivasian dan pengendalian. Tujuan ditetapkan sebagai petunjuk dalam
pengambilan keputusan, meningkatkan efisiensi serta menjadi petunjuk untuk
melakukan performance appraisal. Tanpa tujuan dan komunikasi yang
efektif, perilaku dalam perusahaan dapat tersesat keberbagai arah.
Secara umum, tujuan perusahaan biasanya dikatagorikan dalam dua jenis,
yaitu tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek
adalah sasaran perusahaan yang ingindicapai biasanya dalam kurun waktu satu
sampai dua tahun. Tujuan jangka panjang adalah sasaran perusahaan yang ingin
dicapai untuk kurun waktu dua sampai lima tahun.
Baik buruknya suatu tujuan secara umum biasanya ditentukan oleh bagaimana
tujuan tersebut benar-benar berguna bagi perusahaan. Beberapa petunjuk yang
dapat membantu manajemen membuat tujuan yang berkualitas, yaitu :
- Mengembangkan tujuan perusahaan secara spesifik
- Menyusun tujuan perusahaan yang mampu dicapai
- Membentuk tujuan perusahaan yang sifatnya fleksibel
- Membentuk tujuan perusahaan yang dapat diukur
- Mengembangkan tujuan perusahaan yang konsistn baik dalam jangka pendek
maupun dalam jangka panjang.
Sumber : zoel.blog.esaunggul.ac.id