.TUJUAN
BISNIS
Ø Penetapan tujuan sangat penting bagi keberhasilan bisnis mana pun,
namun khususnya penting bagi pengusaha yang perhatiannya menjadi terganggu dan
tidak fokus. Tujuan yang mengarahkan tindakan, memberikan sesuatu pada Anda
untuk dituju, dan dapat menjadi toalk ukur untuk mengukur keberhasilan bisnis
Anda.
Ø Cara pendekatan Anda terhadap penetapan tujuan akan menentukan
apakah Anda mampu mencapai tujuan Anda. Kebanyakan orang setuju bahwa tujuan
sangat penting, namun kurang dari lima persen menulis tujuan atau memiliki
rencana tindakan untuk mencapainya. Yang paling sering disalahkan adalah rasa
takut. Orang tidak suka menulis tujuan diatas kertas (bagian penting dari
penetapan tujuan) karena mereka takut akan komitmen yang harus dijalankan.
Apabila ini adalah masalah Anda, ingatlah bahwa tujuan dapat diubah kapan saja
setelah Anda menulisnya. Juga, ingat bahwa penetapan tujuan akan menjadi lebih
mudah setelah beberapa kali Anda melakukannya. Ketika Anda telah menetapkan
tujuan dan mencapainya, maka kekuatan dari penetapan tujuan akan mendorong Anda
menetapkan lebih banyak.
Ø Apabila Anda menghindari penetapan tujuan, maka nasehat dan
petunjuk berikut ini dapat membantu Anda.
Ø
Tetapkanlah tujuan jangka pendek dan
tujuan jangka panjang
Ø Anda mungkin ingin mentapkan tujuan mingguan, kuartalan, tahunan,
dan bahkan tujuan 3 atau 5 tahunan. Salah satu cara untuk menghasilkan tujuan
jangka pendek pertama kali adalah dengan mempertimbangkan tujuan jangka panjang
Anda. Apakah ada jumlah Rupiahs tertentu yang Anda ingin hasilkan atau jumlah
pelanggan yang Anda ingin peroleh dalam kurun waktu tertentu? Jika belum juga
terpikirkan, ambil beberapa menit dan pikirkan tentang tujuan profesional apa
yang ingin Anda capai. Segera setelah Anda menetapkan tujuan jangka panjang,
Anda bisa bekerja mundur. Apabila tujuan Anda adalah mencetak Rp100.000 selama
tahun ini, maka Anda sebaiknya membuat daftar tentang apa yang diperlukan untuk
menghasilkan uang tersebut. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam penyusunan
daftar, mintalah bantuan sejawat atau teman untuk membantu Anda. Jika daftar
Anda sudah selesai dibuat, pecahkan semua menjadi langkah-langkah kecil kedalam
tujuan.
Ø
Buatlah tujuan Anda agar spesifik
mungkin dan dapat diukur dengan tenggat waktu
“Peningkatan dalam penjualan” mungkin
merupakan tujuan yang baik, namun ini tidak begitu jelas karena tidak
menyediakan cara apa Anda bisa menilai keberhasilan Anda. Ubahlah tujuan Anda
dengan membuatnya spesifik. Semua tujuan seharusnya spesifik (Mendapatkan
pelanggan baru), terukur (Mendapatkan tiga pelanggan baru), dan memiliki
kerangka waktu (Mendapatkan tiga pelanggan baru hingga November mendatang).
Jangan merencanakan diri Anda sendiri
untuk gagal!
Pastikan bahwa tujuan Anda mungkin
dicapai. Apabila tujuan Anda terlalu tinggi, maka Anda menempatkan diri Anda
sendiri ke dalam kesulitan.
Jangan malas
Sebaliknya, beberapa pengusaha
menetapkan tujuan yang terlampau mudah dicapai. Apabila Anda cenderung ke arah
demikian, maka carilah cara-cara untuk menciptakan tantangan bagi diri Anda
sendiri. Apabila Anda biasanya bertujuan menambah satu pelanggan baru setiap
kuartal, maka dorong diri Anda untuk menambah dua atau tiga pelanggan.
Tetaplah relevan
Tujuan seharusnya membantu Anda dalam
mencapai tujuan tertentu. Berjaga-jagalah terhadap tujuan yang hanya membuat
Anda sibuk tetapi kurang cocok untuk keberhasilan menyeluruh dari bisnis Anda.
Apabila Anda tidak percaya bahwa tujuan Anda bermanfaat, berarti Anda tidak
perlu berusaha cukup keras untuk mencapainya.
Berlakulah sabar dan gigih
Apabila sistem penetapan tujuan Anda
dirasakan tidak bekerja karena Anda kurang mencapai apa saja yang telah Anda
tulis,maka jangan putus asa. Tetap lakukan penetapan tujuan untuk beberapa
bulan dan Anda akan menemukan bahwa ketrampilan penetapan Anda akan meningkat.
Lakukan kajian ulang Anda secara
secara terus menerus
Amatilah tujuan mingguan dan tujuan
jangka pendek lainnya dengan cermat -- diatas meja Anda, atau disamping
komputer Anda, misalnya -- sehingga Anda mengetahui apa saja yang perlu Anda
capai. Periksalah tujuan tahunan Anda setiap bulan untuk melihat apakah Anda
masih berada pada jalur yang benar. Apabila fokus bisnis Anda berubah, jangan
takut untuk mengubah tujuan Anda. Fleksibilitas merupakan unsur yang sangat penting
sekali dalam penetapan tujuan.
Sumber : indonesia.semetoolkit.org